18 Apr 2023

Penerimaan Vokasi 2023 akan segera dibuka. Demi menampung minat masyarakat untuk menempuh pendidikan vokasi, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyediakan macam-macam jalur penerimaan vokasi yang terangkum dalam satu program bernama Jalur Penerimaan Vokasi Industri (JARVIS).

 

Tentang JARVIS

Secara singkat, JARVIS merupakan program penerimaan yang berbentuk platform daring (online) untuk menampung pendaftaran pendidikan vokasi di seluruh Indonesia. Jarvis dikembangkan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin dan diluncurkan pada 2020.

JARVIS juga dikhususkan untuk pendidikan vokasi yang berada di bawah Kemenperin. Awalnya, ada 10 Politeknik dan 2 Akademi Komunitas yang tersedia di JARVIS. Seiring waktu, Kemenperin menambahkan kesempatan penerimaan vokasi 2023 bagi para siswa baru untuk tingkat SMK dan tambahan 1 politeknik, yakni Politeknik Industri Petrokimia yang berlokasi di Banten.

Keberadaan JARVIS yang berbasis online diharapkan dapat mempermudah semua proses administrasi pendaftaran masuk vokasi. Selain itu, JARVIS bisa membantu mengurangi mobilitas di luar rumah, mengingat adanya pandemi COVID-19 yang mengharuskan semua orang untuk mengurangi aktivitas di luar.

 

Jalur Penerimaan Vokasi 2023 

Saat ini, ada tiga macam JARVIS yang tersedia, yaitu JARVIS Bersama, JARVIS Prestasi, dan JARVIS Mandiri yang bisa Anda tempuh untuk penerimaan vokasi 2023. Apa arti dan perbedaan dari tiga JARVIS tersebut? Simak penjelasan di bawah ini.

1. JARVIS Bersama

JARVIS Bersama merupakan jalur dengan tes yang diadakan secara serentak. Itulah yang menjadi alasan mengapa nama “Bersama” digunakan. Terkini, JARVIS Bersama diselenggarakan khusus untuk 9 SMK dan 12 Politeknik/Akademi Komunitas yang berada di bawah naungan Kemenperin.  

Karena sifatnya yang terbuka untuk umum, tata cara pendaftaran JARVIS Bersama cukup mudah. Pertama, peserta harus mendaftarkan akun JARVIS di website jarvis.kemenperin.go.id. Kedua, peserta melakukan pengisian data pendaftaran yang diperlukan, seperti identitas diri hingga pemilihan sekolah/kampus yang diinginkan. Ketiga, peserta perlu mengunggah dokumen yang diperlukan, seperti foto dan persyaratan lain (jika ada). Keempat, peserta harus melakukan validasi dengan mengunci data. Terakhir, jika data sudah divalidasi, peserta harus mencetak kartu ujian dan mengikuti ujian sesuai tanggal yang tertera di kartu.  

Secara singkat, itulah lima langkah tata cara pendaftaran JARVIS Bersama sekaligus proses penerimaan vokasi 2023. Jika kurang jelas, pihak Kemenperin juga mencantumkan petunjuk teknis JARVIS Bersama di website jarvis.kemeperin.go.id. 

Baca juga: Mengenal JARVIS Bersama 2023 dan Jadwal Pendaftarannya

2. JARVIS Prestasi

Sesuai namanya, JARVIS Prestasi merupakan jalur yang mana pendaftarannya didasarkan kepada prestasi calon siswa/mahasiswa. Ada dua rute yang tersedia di JARVIS Prestasi, yaitu rute nilai rapor (akademik) dan rute prestasi non-akademik. Khusus rute non-akademik, peserta wajib memberikan bukti lewat sertifikat atau surat keterangan yang menyatakan prestasi yang dimaksud.

JARVIS Prestasi memiliki sifat yang lebih eksklusif. Oleh karena itu, ada segelintir persyaratan yang wajib dipenuhi. Beberapa contohnya adalah tidak bertato, tidak bertindik bagi laki-laki, dan tidak buta warna. Selain itu, peserta juga harus membuktikan kesehatan jasmani mereka lewat surat dokter dari rumah sakit/puskesmas.

Satu hal penting yang juga perlu dipersiapkan peserta ketika melalui JARVIS Prestasi adalah kemampuan bicara pada saat proses penerimaan vokasi 2023. Pasalnya, peserta harus melalui wawancara di jalur ini. Pertanyaan di wawancara berpusat di prestasi serta bidang pendidikan yang dituju. Peserta juga akan mengumpulkan beberapa dokumen, seperti surat keterangan sehat serta rapor/sertifikat prestasi yang telah dilegalisir, di proses wawancara ini.  

Baca juga: Mengenal JARVIS Prestasi 2023 dan Jadwal Pendaftarannya

3. JARVIS Mandiri

JARVIS Mandiri adalah jalur yang diselenggarakan sendiri oleh masing-masing SMK dan Politeknik/Akademi Komunitas yang berada di bawah naungan Kemenperin. Tak hanya itu, SMK dan Politeknik/Akademi Komunitas tersebut juga menentukan peraturan masing-masing untuk JARVIS Mandiri ini.

Sesuai dengan sifatnya, JARVIS Mandiri membuat peserta bisa melakukan pendaftaran secara langsung ke sekolah yang diinginkan. Tentu saja, peserta harus mematuhi peraturan dan protokol kesehatan yang diberlakukan ketika melakukan pendaftaran.

Untuk seleksi penerimaan vokasi 2023 ini, JARVIS Mandiri juga menerapkan segelintir tes dan wawancara bagi peserta. Materi tesnya tentu kembali ke akademi masing-masing, tetapi ada beberapa subyek yang pasti diuji, seperti Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

Selain itu, peserta JARVIS Mandiri harus memenuhi beberapa persyaratan seputar jasmani. Beberapa contohnya adalah tidak bertato, tidak bertindik bagi pria, tidak buta warna, dan tidak cacat fisik yang dapat mengganggu proses belajar. Peserta harus membuktikan kesehatan jasmani lewat surat sehat yang didapat dari rumah sakit/puskesmas.

Baca juga: Mengenal JARVIS Mandiri 2023 dan Jadwal Pendaftarannya

Itulah tiga jalur penerimaan vokasi 2023 yang terangkum di dalam JARVIS. Diharapkan adanya JARVIS Bersama, JARVIS Prestasi, dan JARVIS Mandiri memudahkan calon peserta penerimaan vokasi 2023 untuk menempuh pendidikan yang mereka inginkan dan bisa mewujudkan visi serta misi pemerintah untuk menghasilkan SDM yang gemilang.